• +628170084848
  • info@gaicerti.com
  • Sumenep

ISO 14034:2016 Environmental Management — Environmental Technology Verification (ETV)

GAI-CERT mengikuti dan menggunakan proses Manajemen Lingkungan ISO 14034:2016 — Verifikasi Teknologi Lingkungan (ETV) dan memberikan verifikasi independen atas klaim kinerja teknologi sehingga pengguna, pengembang, regulator, dan pihak lain dapat membuat keputusan yang tepat tentang pembelian, penerapan, dan mengatur teknologi inovatif.

ISO 14034:2016 membangun kredibilitas vendor dan kepercayaan pembeli dengan memberikan jaminan bahwa klaim kinerja teknologi valid, kredibel, dan didukung oleh data dan informasi pengujian independen yang berkualitas tinggi.

Menghasilkan kredibilitas dengan calon pembeli dan mengurangi risiko pengadaan.

Memberikan verifikasi klaim kinerja teknologi yang spesifik dan tepat, disajikan dalam format yang mudah dipahami.

Memberikan keuntungan pasar yang berbeda bagi perusahaan dengan teknologi terverifikasi dengan membantu membedakan kinerja mereka.

Mempercepat perizinan dan persetujuan untuk implementasi dan penggunaan teknologi.

Mendukung proses paten dengan memberikan klaim terverifikasi.

Meningkatkan pengakuan pasar nasional dan internasional.

Populasi global menghadapi berbagai tantangan lingkungan yang akan berdampak pada kemakmuran di masa depan seperti; penipisan sumber daya, meningkatnya kelangkaan air, polusi udara, perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati. Teknologi lingkungan yang inovatif dapat memberikan solusi terhadap tantangan lingkungan sekaligus meningkatkan persaingan pasar. Terobosan pasar dari inovasi teknologi baru dapat menjadi tantangan karena inovasi menurut definisi tidak dapat menunjukkan rekam jejak yang sukses.

Tanpa informasi yang kredibel tentang klaim kinerja teknologi inovatif, pembeli potensial tidak memiliki jaminan kinerja produk lingkungan. Verifikasi Teknologi Lingkungan (ETV) dirancang untuk mengisi celah ini.

Verifikasi Teknologi Lingkungan (ETV) GAI memberikan evaluasi independen terhadap teknologi baru dengan tujuan untuk memverifikasi klaim lingkungan sehingga pengguna, pengembang, regulator, dan pihak lain dapat membuat keputusan yang tepat tentang pembelian, penerapan, dan pengaturan teknologi inovatif.

ETV diperkenalkan di Kanada pada tahun 1997 sebagai bagian dari Program ETV Kanada untuk mendukung penerapan teknologi lingkungan yang inovatif. Pada tahun 2016, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) menerbitkan ISO 14034:2016 Manajemen lingkungan — Verifikasi teknologi lingkungan (ETV) untuk menstandarisasi proses ETV di tingkat global. Standar Internasional ISO 14034:2016 saat ini menjadi dasar untuk semua verifikasi ETV yang diselesaikan oleh GAI CERT

ETV bukan skema sertifikasi; sebagai gantinya, ini memastikan bahwa klaim lingkungan suatu produk benar dan terverifikasi, dan menyajikan penilaian yang jelas tentang potensi dan nilai lingkungan teknologi.

Verifikasi Teknologi Lingkungan (ETV) / ISO 14034:2016

  1. Penilaian berbasis web dari solusi teknologi dan kebutuhan pengguna teknologi terhadap praktik terbaik dan tolok ukur kinerja yang diakui secara internasional.
  2. Testimoni pelanggan tentang kinerja teknologi yang dikategorikan berdasarkan sektor.
  3. Peta jalan peraturan untuk menavigasi standar, protokol, dan persyaratan sertifikasi.
  4. Informasi terintegrasi tentang kebutuhan pasar dan mekanisme yang memungkinkan untuk mendukung adopsi pasar.

Verifikasi adalah bagian dari proses Validasi.

Garis Besar Pengukuran Kinerja dan Persyaratan Verifikasi

  1. Pra-penyaringan teknologi
  2. Aplikasi resmi
  3. Masukan pemangku kepentingan
  1. Pengujian pihak ketiga yang independen
  2. Rencana pengujian khusus teknologi
  3. Kondisi operasi pengujian kinerja
  4. Ukuran sampel
  5. Protokol laboratorium analitik
  6. Rantai penjagaan
  7. Kualitas asuransi
  8. Laporan pengujian kinerja
  1. Verifikasi pihak ketiga yang independen
  2. Verifikasi berdasarkan protokol yang diterima secara internasional
  3. Penentuan kepercayaan statistik 95%
  4. Pelaporan

Tahapan Prosedur Pengukuran dan Verifikasi Kinerja

1.1 Pra-penyaringan untuk menentukan kelayakan

Verifikasi klaim kinerja teknologi mengharuskan pemrakarsa untuk menyediakan data yang andal dan berkualitas tinggi tentang teknologi tersebut. Agar teknologi memenuhi syarat untuk verifikasi, klaim kinerja harus spesifik dan tidak ambigu. Klaim harus secara jelas menentukan kinerja minimum dan maksimum yang dapat dicapai dengan teknologi. Klaim kinerja juga harus secara jelas menentukan kondisi operasi yang berlaku dan dapat diukur dengan menggunakan prosedur pengujian dan teknik analitis yang dapat diterima. Data harus dikumpulkan oleh agen pengujian pihak ketiga yang independen dan dianalisis oleh laboratorium independen yang terakreditasi.

Daftar periksa pra-penyaringan:

  1. Menyelaraskan dengan prioritas

  2. Manfaat lingkungan

  3. Kesiapan komersial

  4. Potensi replikasi pasar

  5. Persyaratan untuk pengujian dan verifikasi kinerja – yaitu, kesesuaian rencana pengujian (atau perlu dikembangkan), kredibilitas data yang tersedia (atau kebutuhan pengujian tambahan)

  6. Tingkat usaha dan biaya untuk klien

1.2 Aplikasi formal untuk verifikasi

Sebelum informasi rahasia diberikan kepada GAI CERT dan organisasi pengujian dan verifikasi terkait, potensi konflik kepentingan harus diselesaikan dan perjanjian kerahasiaan harus ditandatangani. Organisasi pengujian dan verifikasi dapat dipilih dari daftar anggota Konsorsium Solusi Kinerja GAI. Dalam beberapa kasus, organisasi pengujian dan verifikasi lainnya dapat dipilih berdasarkan persyaratan untuk keahlian teknologi tertentu.

1.3 Masukan dan bimbingan pemangku kepentingan

Keterlibatan dan keterlibatan pemangku kepentingan adalah persyaratan dasar untuk memastikan bahwa kebutuhan lokal dan dampak sosial terkait ditangani secara memadai dalam penentuan parameter kinerja yang relevan untuk verifikasi kinerja.

2.1 Organisasi pengujian pihak ketiga yang independen

Pengujian dan persiapan laporan pengujian dilakukan oleh organisasi pengujian independen. Data khusus berkualitas tinggi diperlukan untuk menentukan kinerja teknologi. Organisasi pengujian meninjau parameter kinerja yang diusulkan dan hasil pengujian khusus teknologi yang tersedia untuk menentukan apakah data tambahan diperlukan. Data yang terkait dengan teknologi harus memiliki kualitas dan kuantitas yang cukup untuk memungkinkan analisis statistik data pada tingkat kepercayaan 95%.

2.2 Rencana pengujian khusus teknologi

Organisasi pengujian harus independen dari pendukung teknologi (mis., Vendor). Rencana pengujian yang digunakan untuk menghasilkan data kinerja harus dinilai terhadap desain pengujian yang diperlukan untuk verifikasi. Prosedur pengujian harus mencakup rencana manajemen mutu untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan kualitas data uji. Audit agen uji dan laboratorium analitik yang menghasilkan data mungkin diperlukan untuk menunjukkan kepatuhan terhadap persyaratan sistem manajemen mutu.

2.3 Kondisi operasi pengujian kinerja

Klaim terverifikasi hanya valid jika teknologi dioperasikan dalam kondisi pengoperasian yang ditentukan. Data yang dikumpulkan untuk mendukung klaim kinerja teknologi harus dikumpulkan dalam rentang parameter operasi utama yang sesuai. Kondisi operasi selama pengujian harus dipantau dan didokumentasikan untuk memastikan bahwa mereka berada dalam kisaran yang ditentukan dalam desain eksperimental. Informasi harus diberikan tentang variabel operasi utama yang sebenarnya selama pengujian dan metodologi yang digunakan untuk memantau dan mendokumentasikan kondisi ini.

2.4 Ukuran sampel

Jenis sampel yang dikumpulkan harus sesuai untuk menghasilkan data yang dapat digunakan untuk memverifikasi kinerja teknologi. Sampel harus dikumpulkan setelah waktu yang cukup berlalu untuk memungkinkan proses stabil, dan untuk memastikan bahwa sampel mewakili karakteristik proses yang khas di lokasi pengambilan sampel. Jumlah sampel harus mencukupi sehingga ketika data yang mendukung klaim dianalisis secara statistik, klaim tersebut dapat diterima. Jumlah data yang diperlukan dalam kumpulan data apa pun agar dapat diterima secara statistik akan bergantung pada variabilitas data dan sifat teknologi serta penerapannya. Merupakan tanggung jawab pemohon untuk memastikan bahwa sejumlah besar titik data disediakan, dengan variabilitas yang cukup kecil, agar dapat diterima secara statistik. Prosedur atau protokol pengambilan sampel yang dapat diterima harus digunakan untuk mengumpulkan dan mengawetkan sampel termasuk blanko lapangan dan reagen. Bahan referensi standar diperlukan. Semua prosedur dan protokol harus diterapkan oleh organisasi pengujian yang kompeten.

2.5 Protokol laboratorium analitik

Laboratorium yang menganalisis sampel harus independen dari pemohon, dan diakreditasi (berdasarkan ISO 17025) oleh lembaga sertifikasi yang diakui untuk parameter spesifik yang dianalisis. Di Kanada, akreditasi laboratorium yang dapat diterima untuk lingkup pengujian teknis yang berlaku harus diperoleh dari Asosiasi Laboratorium Analisis Lingkungan Kanada (CAEAL), Dewan Standar Kanada (SCC), atau penandatangan Kerjasama Akreditasi Laboratorium Internasional.

2.6 Rantai pengawasan

Rantai pengawasan mengacu pada kemampuan untuk melacak kepemilikan dan penanganan sampel dari saat pengumpulan melalui analisis dan pengendapan akhir untuk memastikan integritas proses dari pengumpulan sampel hingga pelaporan data. Pelaporan lacak balak digunakan dalam pengendalian rutin aliran sampel, dan dalam litigasi jika diperlukan. Rantai pengawasan yang dapat diterima untuk analisis sampel dapat mencakup label sampel, segel sampel, lembar penyerahan sampel, log penerimaan sampel, dan penugasan untuk analisis.

2.7 Jaminan kualitas

Pengujian di bawah kondisi operasi yang sebenarnya diperlukan mengikuti rencana pengujian yang ditetapkan dan metodologi yang ditentukan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur parameter operasi harus dikalibrasi secara teratur untuk memastikan bahwa instrumen memberikan pembacaan yang akurat dan andal dan kalibrasi ini harus didokumentasikan. Prosedur jaminan kualitas/kontrol kualitas (QA/QC) yang dapat diterima harus digunakan untuk pengumpulan dan analisis sampel. Untuk pengambilan sampel, QA/QC dapat mencakup penggunaan blanko, sampel berduri dan sampel ulangan serta studi antar laboratorium dan penggunaan bahan referensi standar.

2.8 Laporan pengujian kinerja

Laporan pengujian dibuat dengan menyoroti rencana pengujian, metode yang digunakan, hasil yang dicapai, pengamatan, dan kesimpulan. Data harus menunjukkan bahwa teknologi memiliki efek terukur pada parameter spesifik yang diidentifikasi dalam klaim kinerja.

3.1 Organisasi verifikasi independen

Verifikasi dan penyusunan laporan verifikasi dilakukan oleh organisasi verifikasi independen. Verifikasi teknologi membutuhkan data yang spesifik dan berkualitas tinggi untuk menentukan kinerja teknologi.

3.2 Verifikasi berdasarkan GVP yang diterima secara internasional

Protokol verifikasi umum (GVP) digunakan oleh organisasi verifikasi independen yang bertanggung jawab untuk meninjau dan memverifikasi data dan informasi yang mendukung klaim kinerja teknologi. GVP berisi ikhtisar proses verifikasi, instruksi untuk meninjau teknologi, dan serangkaian daftar periksa yang memberikan panduan untuk memastikan bahwa pemeriksaan komprehensif dilakukan. GVP memandu organisasi verifikasi melalui proses penentuan kriteria wajib (yaitu, kesehatan ilmiah, tidak adanya konflik kepentingan, manfaat lingkungan) dan memerlukan ekspresi keterbatasan teknologi, serta validasi data kinerja aktual.

3.3 Penentuan kepercayaan statistik 95%

Organisasi verifikasi meninjau parameter kinerja yang diusulkan dan hasil pengujian khusus teknologi untuk menentukan apakah data memenuhi tujuan proses verifikasi. Data yang terkait dengan teknologi harus memiliki kualitas dan kuantitas yang cukup untuk memungkinkan analisis statistik data pada tingkat kepercayaan 95%. Lembar kerja analisis statistik digunakan untuk mendukung penentuan ini.

3.4 Pelaporan

Klien menerima sertifikat verifikasi, lembar fakta verifikasi dan laporan verifikasi. Sertifikat bukan merupakan jaminan kinerja

14034-2017 copy

SERTIFIKASI ISO

Manfaat untuk Bisnis Anda

Berikut Ini Manfaat Penerapan Sertifikasi ISO untuk Bisnis Anda.
Kredibilitas Tinggi
0%

Perusahaan bersertifikasi ISO memiliki nilai tambah untuk mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari Klien atau Pelanggan.

Meningkatkan Konsistensi
0%

Sistem yang Diimplementasikan ISO meningkatkan pertumbuhan operasional sehingga mengurangi kegagalan bisnis.

Pengakuan Global
0%

Dengan ISO, Organisasi memperoleh pengakuan internasional karena Standar ISO diterima secara global.

Peningkatan Pendapatan
0%

Standar ISO meningkatkan proses internal Anda & mengurangi pemborosan, membawa kepercayaan diri sehingga pendapatan lebih tinggi.

Tender Pemerintah
0%

Sangat mudah untuk berpartisipasi dan memenangkan tender pemerintah jika Organisasi Anda Bersertifikat ISO.

Perdagangan Internasional
0%

Dengan ISO, Organisasi memperoleh pengakuan internasional karena Standar ISO diterima secara global.

0 +
SERTIFIKAT ISO
0 +
SERTIFIKAT AWARENES
0 +
KLIEN BARU
0 +
HAPPY CLIENT

Informasi

Segera Hubungi Kami

Sumenep, Jawa Timur - Indonesia
(+62)-812-307-606-86
(+62)-812-339-048-48
gaicertification@gmail.com
info@gaicerti.com

DAFTAR MITRA KAMI

× WhatsApp Resmi